Wednesday, 17 August 2011

Mau Perpanjang Paspor Sebelum Waktunya?

Keterima sekolah di luar negeri? dan pihak sekolah meminta paspor yang masih berlaku setaun kedepan harus segera diperpanjang berhubung persoalan visa, resident permit dsb? gak masalah..caranya gampang kok..

Standarnya, paspor baru bisa diperpanjang pada hari H-6 bulan dari waktu expired berlakunya. semisal, tanggal habis berlakunya paspor adalah pada tanggal 20 mei 2012, nah paspor itu baru bisa diurus perpanjangannya pada tanggal 20 november 2011 alias 6 bulan sebelumnya. nah, gak jarang ketika seseorang diterima untuk meneruskan masa studi di luar negeri, si sekolah akan meminta orang tersebut memiliki paspor yang masih akan berlaku minimal setahun setelah hari pertama masa kuliahnya.

"Please bear in mind that, if you are accepted to a *** Master's program, you will need a passport that is valid at least until October 2012 (due to the requirements for the visa application and residence permit)."

Contoh diatas adalah contoh pemberitahuan dari salah satu sekolah di Eropa yang memulai program kuliahnya pada oktober 2011, sedangkan paspor akan habis berlaku pada bulan Mei 2012. Jika menginginkan cara normal, papor habis mei baru bisa di perpanjang pada november, sedangkan november diperkirakan kuliah sudah dimulai. so mau gak mau, paspor harus diperpanjang sebelum waktunya. pertanyaan besar muncul: "bisa gak ya? ribet gak ya?"


Ohh,,tentu tidak.., aku baru saja mencobanya. segala prosesnya berjalan lancar, dan normal, tidak dipersulit n gak ribet sama sekali..alhamdulillah..gimana caranya? caranya sama dengan proses permohonan baru atau perpanjangan paspor. hanya bedanya terletak pada penyertaan surat keterangan saja. maybe I should write it by a good sequences..


1. Pengambilan formulir

Seperti biasanya, proses pertama pembuatan paspor adalah pengambilan formulir. formulir bisa diambil kapanpun (tentu selama kantor imigrasinya buka), formulir diberikan secara cuma-cuma (tapi map dan sampulnya bayar 10 ribu rupiah). Setelah dapat formulir, silakan diisi dengan lengkap dan teliti.


2. Penyerahan formulir dan kelengkapannya

Setelah formulir diisi lengkap dan dilengkapi dengan lampiran berbagai surat keterangan seperti fotokopian akte kelahiran/ijazah, KK dan kelengkapan standar lainnya, jangan lupa lampirkan fotokopoi letter of acceptance atau email penerimaan resmi dari universitas plus surat pernyataan berisikan permohonan perpanjangan paspor sebelum waktunya yang dilengkapi materai 6000 rupiah. and bravo! cuma itu bedanya..proses lainnya sama dengan proses permohonan paspor baru yang normal. setelah formulir dan segala kelengkapannya diserahkan pada petugas imigrasi (dan setelah di cek gak ada kekurangan), maka petugas akan memberikan tanda terima yang didalamnya tercantum tanggal kapan kita harus kembali ke kantor imigrasi untuk melakukan pembayaran,wawancara dan pengambilan foto. Pengembalian formulir ini hanya dapat dilakukan di pagi hari dari jam 08.00 hingga sekitar jam 11.45, jangan lupa ambil no antrian di pintu masuk.


3.Pembayaran, Pengambilan Foto + Sidik Jari dan Wawancara

Hari ketiga ini harus dimulai lebih cepat. Seperti biasa, kantor imigrasi telah penuh sesak oleh banyak orang. Saya tiba hanya 15 menit setelah loket dibuka, dan surprise bahwa saya dapat nomor antrian ke 268, ya 268..sedangkan antrian yang dipanggil ketika itu baru 001. ok...it's gonna be a long day! (untung aja udah bawa buku sejarah yang siap dilalap sambil menunggu antrian). Setelah melalap beberapa puluh halaman buku, akhirnya dipanggil juga (surprisingly waktu yang saya habiskan hanya sekitar 2 jam) dan sayapun harus melakukan pembayaran di loket pembayaran. 
Biaya pembuatan paspor 48 halaman adalah Rp.255.000,-, setelah bayar, kita akan menerima kwitansi dan form antrian kembali. Kembali mengantri sekitar setengah jam menunggu giliran foto, pengambilan sidik jari dan wawancara. 

ketika di foto, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya pakaian kita hendaklah berkerah dan rapi. Foto diambil langsung di tempat, dengan komputer so ga perlu bawa pas foto. Setelah foto dilanjut dengan pengambilan sidik jari (kesepuluh sidik jari), pengambilan sidik jari juga dilakukan dengan scaner yang telah disediakan petugas imigrasi. Selesai ambil foto dan sidik jari, ngantri lagi deh untuk wawancara. Apa aja sih yang bakal ditanya? jangan khawatir..wawancara paspor gak seperti wawancara kerja or beasiswa kok..so gak usah ngapalin macem2, biasanya tahap ini lebih cenderung ke proses pengecekan kembali data2 yang kita yang sudah diinput petugas untuk di cetak juga patugas biasanya bertanya "mau kemana?" "bikin paspor buat tujuan apa?" dan semacamnya..jawab saja sesuai niatan kita buat paspor, untuk sekolah, untuk liburan atau umrah (asal jangan bilang "iseng aja kok pak"). Setelah wawancara biasanya kita diminta untuk menandatangani paspor baru yang akan dicetak, dan kita akan diberikan surat keterangan telah menyelasaikan proses wawancara beserta tanggal pengambilan paspor. Dan proses pun berakhir.

4. Pengambilan Paspor Baru.

Pengambilan paspor dilakukan biasanya selang 3 hari dari hari wawancara. Paspor diambil pada jam diatas jam 13 siang hari. Prosesnya mudah, tinggal berikan tanda pengambilan yang kita dapat waktu wawancara kepada petugas loket pengambilan paspor, lalu tunggu panggilan.
Ketika ambil paspor, paspor lama kita bisa diminta kembali kok (apalagi klo di paspor lama kita udh tertera visa-visa sakti seperti dr UK ama USA yang biasanya memudahkan proses perolehan visa-visa kedepannya jika kita sudah pernah dapat visa dari negara tersebut yang terkenal ketat dan ga mudah dapatnya)..syaratnya cuma bilang aja, n fotokopi paspor lama beserta semua halaman yang terdapat cap imigrasi ataupun visa yang pernah diperoleh plus fotokopi paspor baru kita. sudah deh..selesai..dapet paspor barunya..


so, kesimpulannya adalah jangan khawatir jika kita hendak memperpanjang paspor sebelum waktunya dengan alasan syar'i sperti permintaan dr sekolah yang dituju. Karena prosesnya sama saja dengan ketika mengajukan paspor baru..hanya bedanya pada awal proses pengembalian formulir yang harus menyertakan surat permohonan dan lampiran salinan surat resmi permintaan dari pihak sekolah. Mudah dan tidak dipersulit.


Tips..

Datanglah sepagi mungkin ke kantor imigrasi pada saat pengembalian formulir dan hendak wawancara. Telat sedikit bisa kelempar ratusan nomer antrian.


Aturlah agar hari wawancara pas dengan hari kosong kita. Karena proses antrinya yg unpredictable..jangan sampe kita terburu2 karena ada janji or jadwal lain. Biasanya jarak pengembalian form dengan jadwal wawancara adalah 3 hari, jika jumat kita kembalikan form maka wawancara akan dilaksanakan hari rabu. jika senin maka kamis.


Bawa buku bacaan yang menarik atau uruslah paspor bersama teman. So, kita gak akan bosen nunggu.


proses 1 dan 2 bisa disingkat dengan cara..ambil formulir dengan terlebih dahulu mempersiapkan segala persyaratan dokumennya. Jadi ketika ambil formulir- langsung isi- langsung kembalikan pada hari yang sama..menghemat waktu beberapa hari kan..



7 comments:

YaNa said...

nomor paspor lama dengan nomor paspor baru perpanjangan masih sama gak? atau nomornya berubah? -tqvm

Narendra Kurnia said...

nomor paspor baru berbeda dengan yang lama, tapi dipaspor baru diberi keterangan bahwa paspor itu adalah pangganti dari paspor yang lama dengan nomor sekian.. sori baru nanggapin.. :)

ilmaismail said...

pas lagi cari info perpanjang paspor,,eh nyangkutnya kesini haha :))

btw makasin infonya :)

argaPadmi said...

Mas, ada contoh suratnya ga? kebetulan situasinya sama nih.... :)

Narendra Kurnia said...

Contoh surat apaan ya? surat permohonan perpanjangan paspor sblm waktunya sih simple aja: di tujukan ke kepala kantor imigrasi yg dituju, dan isinya menerangkan bahwa kita mengajukan permohonan perpanjangan paspor sebelum waktunya dengan alasan tertentu, dan lampirkan surat keterangan yg dibutuhkan.. sudah..tanda tangan saja dgn materai 5000

sori telat, udh lama g liat blog ini..

Caleb Lin said...

mas, bisa minta tulung pangkirimin contoh surat permohonan perpanjangan paspor sebelum waktunya? klo berkenan minta tulung dikirim ke email ane ya: clbguitar03@yahoo.com

Ridwan Aji said...

Ngurusnya di kantor imigrasi mana mas? Saya juga mengalami hal yang sama nih. Persis. ��

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons