Thursday, 20 October 2011

Being a Student in London for the 1st Time?..Just Enjoy and Be Yourself!

Going abroad for holiday traveling? Biasa…
Going abroad for attend a conference or any other short-time business? Atur-able lha,,bentar juga pulang lagi..
Going abroad for study? For at least a year? Hmmmmm.. and this is the first time?..degdegan seneng-seneng cemas.
Calm.. everything will be alright mate! Whether this is your first time to go abroad or not, or maybe you do not have any family there? It’s OK and don’t worry. Di Zaman ini, banyak yang harus kita syukuri selalu terutama  hadirnya teknologi informasi! Yap, kehadiran teknologi satu ini bener-bener memudahkan segalanya termasuk ketika harus menyiapkan jiwa raga pas mau berangkat sekolah ke negeri yang slama ini paling hadir dalam impian aja.
Begitulah yang aku alami, internet dengan manfaatnya yang seabreg bener-bener nolong banget ketika aku siap-siap berangkat sekolah ke Inggris. Yah…maklum, selama ini kenal London cuma dari TV ama film Harry Potter, Johnny English ama Sherlock aja ditambah aku tidak punya sama sekali sanak sodara langsung disana. But, dengan bantuan internet (trutama FB) jadi gampang deh..bisa cari info orang-orang Indonesia yang bias dimintain tolong disana, bisa juga cari info ttg kampus n lingkungan sekitar sampe survey  info tentang harga bawang untuk masak di London. Pokoknya banyak deh yang bisa kita cari untuk nyiapin keberangkatan lewat internet n sarana lainnya. Mungkin enaknya dirangkum aja ya step2nya plus beberapa hal yang penting diperhatiin dalam rangka siapin diri untuk sekolah ke luar secara umum dan ke London khususnya..
1.       Kontak temen, keluarganya temen, temennya temen ampe temennya sodara kita sesama orang Indonesia yang udah ada duluan disana.
Ini hal penting banget, terutama jika kita bener-bener gak punya sodara langsung yang tinggal disana. Jangan deh menyembunyikan rencana keberangkatanmu dari orang-orang sekitar, kasi tau aja “eh gw Alhamdulillah nih dapet sekolah di London..” ya tapi ngumuminnya proper aja jangan berlebihan jg ampe pasang baligo depan rumah. Kenapa kok harus bilang-bilang? Pertama supaya makin banyak yg doain, kedua memancing semangat temen-temen yang sama-sama mau belajar ke luar, dan yang paling penting adalah bisa dapat informasi macem-macem diantaranya suka banyak orang yang spontan bilang “eh kakak gw jg disana…” “eh..saya punya tante yang udah lama tinggal disana..”ato bahkan “eh sama donk..saya juga mau pergi ksana”.
Nah untung kan klo nemu kerabat di sebrang lautan..dan biasanya ikatan sesama Indo itu lebih kuat ketika sama-sama di perantauan, jangan ragu untuk kontak mereka via email or FB, biasanya mereka akan dengan senang hati nolong kok atau klo gak bisa nolongpun biasanya mereka nyaranin untuk ngontak temennya lagi yang dianggap lebih bisa nolongin. Jangan ngerasa segan, biasa orang yang udah lama tinggal di Negara barat udh bisa saklek kok, mereka akan nolong klo bisa dan akan nolak klo emg g bisa.
Resep ini mujarab deh, pengalaman ini yang ngenalin aku lagi dengan Tante Yuyu yang adalah tantenya dari temen kuliahku di ITB,beliau dan keluarga udh puluhan taun tinggal di London jadilah aku banyak dibantu ama tante Yuyu dan keluarga di masa-masa awal settlement-ku di London. Makasih bgt ya Tante!.Beliau juga yang ngenalin ama Om James yang dengan baik hati mau jemput di Heathrow. 
Lewat FB jg aku kenal Adit yang sama2 lulusan ITB n ambil MSc di Imperial, plus juga ama Glenn satu satunya temen sekelas  yang sama-sama org Indo. Dan banyak lagi orang Indo yang sampe saat ini aja blum ketemu yang udh mau dimintain info-info sebelum berangkat kesini.
So hal ini tuh penting deh buat langkah awal, biar preparation kita lebih mantap sebelum pergi.

2.       Perhatiin bgt tanggalan
Putuskan kapan waktu kita akan berangkat, sesuaikan waktu yang cukup, hitung-hitung dengan tanggal kapan kuliah di mulai. Jangan sampe telat dating kuliah, or kelamaan nunggu. Klo telat bisa ketinggalan pelajaran, kalo kecepetan bisa hambur uang duluan.
Tanggalan ini juga penting buat nentuin kapan harus apply visa plus pesen tiket pesawat. FYI visa ke Inggris bisa agak lama proses keluarnya, ambil amannya 2 ampe 3 minggu sebelum tanggal keberangkatan yang diniatkan.

3.       Perhatiin banget urusan Imigrasi dan Admission Kuliah
Urusan Imigrasi, apply visa dll bisa diliat di situs resminya UKBA (United Kingdom Border Agency) dan VFS – pihak resmi yang ditunjuk UKBA untuk urusan visa UK di Indo. Please bear in mind, financial matter is the most important thing on the visa application process! So klo dapet beasiswa, jangan lupa bawa surat jaminannya. Klo biaya sendiri jangan lupa bank statementnya dengan biaya minimum yang ditentukan* (biaya ini harus ada di rekening kita or ortu kita minimal 28 hari sbelum apply visa).
Soal pendaftaran kuliah juga harus banget diperhatikan. Minta surat Acceptance resmi segera setelah kita accept offering dari Univ or College –jika perlu, juga urus CAS numbernya. Perhatikan juga kapan harus bayar tuition fees  dan berapa jumlahnya.
*)Biaya minimum yang ditentukan biasanya adalah biaya seluruh tution fees selama kuliah plus biaya hidup bulanan selama 9 bulan pertama yang masing-masing tiap bulannya sebesar £ 800 untuk yang akan sekolah di wilayah London atau £ 600 bagi yang diluar London.

4.       Bawa barang secukupnya
Walau aku sendiri bawa barang banyak banget waktu berangkat. Tapi setiba disini baru nyadar bahwa ga harus banyak-banyak amat yang dibawa. Baju-baju tuh bisa lebih murah beli di London –asal jangan beli di butik-butik mahal aja-. Salah satu tempat andalan blanja baju murah itu di Primark. Kita bisa beli baju dingin untuk winter sekitar £30-an ato baju sehari-hari yang cuma £4, £8 untuk sepasang long john, £8 untuk sepatu dan £1 untuk syal or sarung tangan. Klo gak di Primark bisa juga dcari di MATALAN ato H&M.
Untuk belanja sehari-hari bisa di ASDA ato TESCO barang-barang kebutuhan sehari-hari relatif murah disana.

5.       Pilih-pilih untuk Terbang
Walau ini bener-bener tergantung Budget, tp pilih penerbangan juga penting. Make sure tentang kredibilitas maskapai dan juga tentang jadwal terbangnya (trutama waktu tiba di tujuan) jangan ampe ngerepotin yang jemput –kayak dateng tengah malem or jam 4 subuh-. Lama perjalanan juga diitung. Direct flight dari Jakarta ke London tuh kurang  lebih 14 jam, dijamin bakal pegel n mati rasa kalo 14 jam duduk terus. Cari yang ada waktu transit ditengah-tengahnya jadi bisa streching2 dulu slama transit, tapi jangan juga transitnya kelamaan.

6.       Accommodations a.k.a. Kos-Kosan
It will be very stressful to find an accommodation in London. Selain sistemnya agak blibet ditambah lagi mahal-mahal. Pandai-pandai ngitung, biasanya rumah-rumah yang disewain netapin harga per minggu dan ada system kontrak –jadi gak bisa seenaknya pindah kapan aja-. Sebagai bayangan, untuk nyewa kamar di daerah central London (zona 1-2) biasanya kisaran harga paling murah itu £150 seminggu dan yang mahal bisa ampe £2000 sebulan. Itu juga belum tentu udah masuk bill (air, gas, listrik dll). Untuk zona 3 dan 4 bahkan 5 biasanya lebih murah, tapi perhitungkan juga waktu tempuh dan biaya transport.
Cari dari jauh-jauh hari dan konsultasikan ama temen or kerabat di London atau bisa juga sama bagian International Officenya kampus. Student Hall juga salah satu pilihan bagus untuk tinggal, biasanya lebih murah dan terjangkau, lokasinya juga biasanya dekat dari kampus.

Rumah-rumah di North London, klo pilih tinggal di private accomodation ya rumah rumah macem ini yang bakal ditinggali

7.       Local Transport
London tuh kota besar. Banyak banget jenis transportasi yang menjangkau ampe pelosok kota. Sarana utamanya adalah Underground atau biasa disebut Tube, ada juga Overground – macem kreta komuter, ada juga DLR macem monorail, ada juga Tram dan waterway and gak lupa Bus.
Segala jenis transport ini udah terintegrasi apik satu sama lain, dan bisa diakses dengan satu kartu prabayar yang bisa di top up ketika masa berlaku or kreditnya habis. Namanya kartu Oyster.
Untuk mahasiswa yang berstatus full time, bisa apply Student Oyster Photo Card yang bisa memangkas biaya transport ampe 30%. Untuk dapet itu, kita cuma butuh apply via online dan siapin beberapa detail menyangkut data kemahasiswaan dan alamat di London kita plus bayar £10 untuk biaya bikin kartunya yang harus dibayar pake kartu kredit or debit secara online.proses aplikasi ini bisa juga dilakukan dari tanah air, so kita bisa langsung dapet pas sampe. Info lengkapnya silakan liat di www.tfl.gov.uk
Dalem Tube

FYI: sekadar bayangan, aku tinggal di daerah Brent, dan stasiun underground terdekat itu Colindale (zone 4 – northern line). Waktu tempuh dari Colindale ke stasiun South Kensington  (zone 1) kira-kira +/- 40 menit. Biayanya untuk weekly ticket adult £39.4 dan students £27.5

8.       Nyiasatin makan dan Belanja sehari-hari
Memutuskan untuk masak sendiri itu salah satu keputusan bijak pas skolah di sini. Kalo masak sendiri plus bwa bekel dari rumah kira-kira kita bisa cuma kluar £10 aja untuk makan 4-5 hari. Kalo pilih makan dikampus biasanya sekali makan sandwich tuh £2.5 an deh. Minum lebih baik bawa botolan dari rumah, walau air keran disini aman diminum lebih baik beli wadah minum yang ada filternya dulu biar lebih aman. Jangan malu bwt bawa bekel, semua org sepakat kok emang biaya hidup di London mahal, jadi pede-pede aja lagi yang penting hemat.
Belanja sehari-hari bisa pilih supermarket besar kyk ASDA ama TESCO yang harganya murah-murah.

Rupa-rupa macem pecahan uang di UK dari koin; 1p,2p,5p,10p,20p,50p,£1 dan £2 juga kertas /notes £5,£10,£20 ampe £50
semuanya bergambar Ratu, dan tentunya semuanya harus dihemat-hemat pakenya

9.       Handphone
Jenis HP yang ada di UK sama kayak yang ada di Indo. Walau iya sih harga elektronik disini lebih mahal disbanding di Indo, jadi prefer beli di Indo baru bawa ksini. System  nomor HP disini ada beberapa jenis. Ada sistem kontrak ato top up/beli pulsa. Yang kontrak biasanya sudah sepaket ama HPnya tapi kontraknya umumnya 24 bulan dengan biaya perbulan kurang lebih £20an.
Kalo puas dengan hape yg dipunya sekarang, beli aja sim-nya doank dengan berbagai paket yang ditawarin per harga top up tertentu. Biasanya rata-rata £10 - £20 perbulan cukup, tapi semua tergantung paket yang dipilih sih. Silakan cek di situs resmi provider HP UK masing-masing.

10.   Jangan lupa lapor ke KBRI or KonJen!
Ini salah satu hal penting. Lapor ke KBRI or KonJen bahwa kita udh sampe di UK n mau stay dalam jangka waktu tertentu di UK. Nantinya pihak KBRI or KonJen akan kasi keterangan di paspor kita bahwa udh lapor berikut menuliskan alamat tinggal di UK.  Hal ini penting, selain untuk urusan administrasi juga sangat berguna jika ada keadaan darurat.
Lapor ke KBRI disekitaran Grosvenor Square London, di bagian visa – masuknya di pintu bagian belakang kantor KBRI, letaknya di Adam’s Row nomor 30-an klo gak salah-

 KBRI di London, klo mau ngurus lapor diri masuknya bukan dari sini tp dari pintu di gedung tepat di belakang gedung ini. ya klo bingung-bingung masuk aja ksini trus tanya ama ibu resepsionisnya

11.   Pakaian dan Penampilan
London tuh kota multikultur, segala bangsa ada, segala bahasa dituturkan tiap harinya dan dengan itu pula berbagai style baju dipakai tiap harinya. Berpakaianlah sesuai kesenangan masing-masing dan sesuai musim tentunya (jangan pake jaket tebel di tengah summer or pake celana pendek di tengah hujan salju). Kesempatan ok juga bwt temen-temen yang suka bereksperimen dengan tampilan bajunya, bisa tuh dipraktekin ide kreatifnya, gak ada diliatin or dikomenin orang kok.
Untuk yang memakai jilbab jangan khawatir, banyak kok yang pake jilbab disini, baik pendatang ataupun orang lokal. Karena pemerintah inggris menjamin kebebasan dalam berkeyakinan n menjalankan agama masing-masing. Be yourself aja.

Yah mungkin sgitu dulu bagi-baginya. So, selalu ada kemudahan kok asal kita berusaha. London adalah kota yang terlalu indah untuk dilewatkan keindahannya. Belajar di Luarnegeri bukan cuma untuk dapet ilmunya tetapi lebih utama lagi belajar dari berbagai pengalaman keseharian yang bisa membukan mata dan pengetahuan kita lebih luas lagi.

See ya!

7 comments:

shintashinta said...

Wauuu,keren keren :D,, ini teh naren temennya kuti ama sabrina kan??
Waktu gw ama wanteng ngemsi di acr kampus kemaren2,,dia jg bilang mw ke UK deh.. Program yg sama yah??
Huhu.. Jd pengen S2 ke London.. Cari beasiswa dmn?? Kasih info lengkap dooonk..
Makasi nareeen :D

Narendra Kurnia said...

halo..yap temen Kuti ama Sabrina.. program apaan? sama dengan syapa? *sori gak nangkep pertanyaannya..
soal beasiswa ntar ak crita lg deh di blog brikutnya..hehe

shintashinta said...

Ahahaha,,iya gw yg salah.. Wanteng itu maksud gw si ridwan aldillah :p,,
gw kira dia mw ke UK buat program S2 jg,,taunya pertukaran aja,,bareng si afif juga kalo gk salah.. Tapi si ridwan sih bilangnya dia br mw pulang ke Indonesia awal tahun depan,,jd bakal lama bgt disana,,makanya gw kira dia jg mw S2 :p,,
ok ok.. I'm waiting for your next post :D

Narendra Kurnia said...

bukan pertukaran, ada acara macem conference untuk karya ilmiah mahasiswa dr PPI UK gitu..dia mah lama mau jalan2 dulu katanya..haha

Neil Parrot said...

Halo, saya Neil Bayan, pemberi pinjaman pinjaman perusahaan swasta yang memberikan pinjaman untuk kedua tujuan komersial dan pribadi dengan suku bunga sangat cocok minimum tahunan untuk serendah 2% dalam satu tahun sampai maksimal 20 tahun periode durasi pembayaran ke negara manapun di seluruh dunia. Kami memberikan pinjaman kami mulai dari 5.000 hingga 100.000.000,00 dalam mata uang utama. Kami memiliki standar baik-to-do dan perusahaan perhatian yang siap untuk mendengarkan dan membantu dalam ide-ide bisnis. Kami menyediakan Anda dengan saran yang masuk akal dan pilihan dengan bantuan yang dapat diandalkan dan kami akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi email kami di: neilparrotloancompany66@gmail.com

Zahid Hamidi said...

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





bpk muliadi said...

Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya mbah , nomor yang mbah berikan/ 4d sgp& hk saya dapat (350) juta alhamdulillah tembus, seluruh hutang2 saya sudah saya lunas dan kami bisah usaha lagi. jika anda ingin seperti saya hub mbah_puro _085_342_734_904,atau KLIK DI SINI terima kasih.

Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya mbah , nomor yang mbah berikan/ 4d sgp& hk saya dapat (350) juta alhamdulillah tembus, seluruh hutang2 saya sudah saya lunas dan kami bisah usaha lagi. jika anda ingin seperti saya hub mbah_puro _085_342_734_904,atau KLIK DI SINI terima kasih.

Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya mbah , nomor yang mbah berikan/ 4d sgp& hk saya dapat (350) juta alhamdulillah tembus, seluruh hutang2 saya sudah saya lunas dan kami bisah usaha lagi. jika anda ingin seperti saya hub mbah_puro _085_342_734_904,atau KLIK DI SINI terima kasih.

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons