Saturday, 5 February 2011

Lakukanlah Apa yang Kita Suka

"Janganlah pernah melakukan hal tidak kalian sukai", itulah pesan yang paling aku ingat ketika pada suatu kesempatan aku menerima kunjungan dari serombongan mahasiswa teknik fisika universitas sahabat yang berkunjung ke TF. rombongan itu dipimpin oleh dua orang dosen yang salah satunya adalah juga alumni dari TF ITB sendiri. beliau berpesan pada para mahasiswa di rombongannya, "saya selalu berpesan pada kalian, jangan pernah melakukan hal yang tidak kalian sukai, dan karena saya beranggapan kalian yang ingin mengikuti kegiatan ekskursi ini, berarti saya yakin kalian senang mengikuti kegiatan ini dan gunakan kesempatan ini sebaik mungkin."

Dilain pihak, dalam waktu bersamaan, sebagai fresh graduate yang baru saja meninggalkan dunia pendidikan tinggi secara formal, kami tersebar kemana-mana untuk memilih jalan masing-masing. bekerja pada sebuah perusahaan multinasional bergengsi atau  perusahaan BUMN yang lebih terjamin, meraup pengalaman menantang di perusahaan-perusahaan menengah, konsultan ataupun menceburkan diri di dunia baru yang bernama "perbankan" bisa juga memilih untuk kembali menuntut ilmu lebih tinggi dan mengejar cita-cita yang lebih besar di masa depan. semuanya demi satu hal, mengejar kebahagiaan.

Walau dlm hitungan beberapa bulan saja,banyak kabar dan cerita yang mewarnai kisah kami dalam mengejar mimpi pasca lulus. si A yang berpindah kerja demi mencari tempat dan penghasilan yang mungkin lebih baik, si B yang bergaji valuta asing dan skali datang kekampus menraktir serombongan, si Y yang merintis usaha sendiri, si X yang ingin mendadak ingin sekolah karena tidak nyaman dengan pekerjaannya yang bersinggungan dengan hal-hal "basah", hingga  yang masih betah berkecimpung mengurus akademik di kmpus.semua mengejar kebahagiaannya masing-masing, dengan caranya sendiri-sendiri.

Kebahagiaan itu dicari setiap harinya. dari kota hingga plosok, dari kampus hingga ruangan berAC di atas gedung tinggi kawasan bisnis ibu kota yang hiruk pikuk, dengan status terjamin ataupun tak pasti. diyakini akan hadir lewat lingkungan, karya ataupun materi, kebahagiaan akan terus dicari. diraih dengan susah payah, senang hati, sulit ataupun mudah. dicapai dengan penuh idealisme ataupun penuh kompromi. yang penting..
"janganlah pernah kalian melakukan hal yang tidak kalian sukai."

Sebuah pesan singkat yang luarbiasa. terdengar begitu sederhana namun berarti begitu besar. bagiku, hidup adalah kesempatan yang begitu besar, datangnya hanya sekali yang mungkin berlangsung dalam waktu yang relatif singkat. dan tentunya harus dinikmati dan diisi dengan segala hal yang kita sukai, karena kebahagiaan itu adanya dalam hati kita, jika senang hati maka kita akan bahagia bagaimanapun dan dimanapun.

1 comments:

Siti Nusrat said...

ya

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons