Sunday 16 January 2011

Bahagia di dunia dan berakhir di SurgaNya..

Mamaku slalu bilang, kita hidup itu untuk mencari kebahagiaan dunia dan juga meraih surga di akhirat. sebuah konsep simpel namun mendalam yang dapat diartikan dalam banyak turunannya untuk memperjelas kemana kaki ini hendak kita langkahkan dalam hidup ini. dari konsep itu jelas bahwa surga itu dapat diraih dengan jalan yang penuh kebahagian, tidak selalu identik dengan kesulitan, penderitaan dan kesusahan untuk mencapainya.

satu konsep sederhana adalah, kita diciptakan untuk beribadah pada Allah, ibadah dalam bentuk apa? shalat? puasa? brarti kita harus shalat dan puasa terus menerus donk?, menariknya, islam mengajarkan bahwa ibadah itu dapat hadir dalam berbagai bentuk, tak melulu soal ritual kita terhadap Allah tetapi juga segala aktivitas yang kita lakukan sehari2, dari mulai menolong sesama hingga sekadar menutup keran wastafel yang lupa dimatikan. segala yang kita lakukan dapat bernilai ibadah, asalkan tidak melanggar aturan, dilakukan dengan baik, juga dilandaskan niat lurus beserta keikhlasan hati. selain itu, islam juga mengajarkan keseimbangan. kita diharuskan dapat menyeimbangkan diri dalam beribadah ritual kepada Tuhan dan sosial terhadap sesama.

selain itu, kita harus menyadari tugas kita, dalam menjalani kehidupan sehari-hari memang kita dituntut untuk melakukan yg terbaik. tapi apakah kita bisa menjamin bahwa hasil dari apa-apa yang kita lakukan akan selalu hadir menjadi yang terbaik? pasti tidak..maka dari itu, tugas kita sebenarnya adalah untuk berusaha melakukan yg terbaik, "do the best all the time". berusaha untuk mempersembahkan yang terbaik. namun tetap hasil adalah hak preogratif Allah saja. dan Allah berjanji, akan selalu memberikan yang terbaik bagi hambaNya selama hambaNya juga mengusahakan yang terbaik. dan juga tidak semua yang kita anggap baik itu adalah baik di mata Allah. maka janganlah kita berputus asa jika tak mendapat apa yg kita inginkan, karena apa yang kita dapat pasti selalu mengandung hikmah dan akan membawa banyak kebaikan di depannya.

dalam berusahapun, kita memiliki otoritas untuk memilih. dibebaskan untuk memilih jalan yang mana yang mau ditempuh, yang sulit atau yang mudah?, yang membahagikan atau yang menyulitkan? itu semua bergantung pilihan kita; yang pasti, rezeki kita telah ditentukan pada akhirnya, tak akan direbut orang lain, tak akan hilang secara tiba-tiba. nilainya akan sama, terlepas diperoleh dengan cara menyulitkan ataupun yang membahagiakan.

bagaimana caranya agar selalu merasa bahagia?, yes..being happy is depend on your own heart, kebahagiaan itu hanya bergantung dari hati kita. mau merasa bahagia atau tidak itu semua pilihan yang dipilih hati kita. dan tak selamanya yang membahagiakan itu datang dari jalan yang mudah, tapi sering juga datang lewat jalan yang berliku dan melelahkan. namun seberliku apapun, jika hati bahagia pasti akan selalu ringan dan menyenangkan.ditambah lagi, dengan hati bahagia, seluruh usaha kita akan selalu dijalani ikhlas dan terasa ringan. niat ikhlas dan lurus akan menjadikan segala usaha itu bernilai ibadah,dan ibadah kita akan membuahkan hasil berupa pahala yang akan membawa kita kedalam surgaNya dengan jalan yang terasa yang ringan dan menyenangkan.

"rabbana atinna fiddunya hasanah wa fil akhiroti hassanah wakina azabbannar", begitulah doa yang sering kali kita bacakan setiap hari, jelaslah bahwa hidup ini bertujuan untuk memeroleh kebahagiaan didunia dan di akhirat, karena hidup hanya sekali saja dengan waktu yang tidak begitu panjang. karenanya kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik juga menikmatinya secara maksimal. kejarlah segala macam kebahagiaan di dunia, lakukan yang kita suka, hadapi setiap tantangannya dengan bahagia dan hati yang ikhlas dengan senantiasa berada pada jalur yang benar agar ketika saatnya kita kembali, kita telah memiliki bekal yang cukup dan layak untuk menikmati kebahagiaan yang abadi di surgaNya. Dunia Bahagia Akhirat Surga..begitulah..

wallahu'alam bishawab

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons