Tuesday 15 February 2011

Several years ago..novel story and LHC impressed me..

Pagi dihari libur, seperti biasanya menghabiskan waktu bermalas-malasan setelah kemarin menghabiskan setengah hari untuk membuat poster penelitian yang akan dipamerkan di acara kampus besok. sekadar browsing-browsing ringan, cek FB dan email sambil mengaktifkan YM. seketika "pop" muncullah layar conversation YM dr seorang kawan disebrang lautan yang appear offline.

ia datang tiba-tiba, mengagetkan dengan kata-kata pertama yang tak biasa (walau memang kami biasa mendiskusikan hal-hal aneh akhir2 ini), menyebutkan istilah-istilah fisika partikel yang beberapa diantaranya masih asing dan lainnya telah biasa didengar. diawali dengan "tau higss boson particle?", yang kabarnya biasa disebut dengan "the God particle", partikel tersebut dapat memberi massa pada partikel lainnya, hingga akhirnya berbicara tentang LHC atau large hadron collider yang dibuat untuk membuktikan teori big bang yang termahsyur. LHC yang juga sempat ikut syuting film Angel and Demon beberapa waktu itu dibuat ditengah-tengah daratan Eropa yang berfungsi sebagai akselarator partikel yang hendak ditubrukkan guna membuktikan teori big bang.

aku tidak berniat membahas banyak tentang hal-hal scientific itu sekarang, membicarakan LHC, ak sejenak teringat pada beberapa tahun lalu, ketika pertamakalinya aku membaca novel angel and demon karya Dan Brown itu. harus ku akui, cerita dalam novel tersebut sedikit banyak mempengaruhi hidupku saat ini, karena saat membaca bab awal novel itu, seketika aku menyadari kerennya menjadi fisikawan. memang aneh, biar kedengarannya agak mengada-ada tapi memang begitulah adanya.

cerita ahli fisika yang terlibat dalam penelitian antimateri itu memang menarik hatiku yang kala itu sedang bingung menentukan pilihan kedua di ujian SPMBku yang akhirnya aku putuskan pada dua hari menjelang pengumpulan berkas untuk membulatkan tekad masuk ke TF, sebuah jurusan yang tak jarang membuat orang-orang mengerutkan dahi setelah mendengar namanya.

semenjak memasuki dunia ini, sedikit demi sedikit aku mulai mencintai bidang yang banyak membuat orang bergidik ini. fisika begitu banyak menyimpan keajaiban dan hukum-hukumnya mengikat seluruh aspek kehidupan. walau ku akui, semakin ku pelajari, bidang ini makin menampakkan kedalamannya dan makin menyembunyikan banyak misteri. memang aku tak semahir dan sepandai kawanku lainnya yang juara olimpiade, cumlauders atau penuh dengan prestasi macam-macam di bidang ini, but unless i'm finally find something to fall in love with, yang semakin dibahas semakin penasaran dan semakin terjawab malah menambah rasa keingintahuan lebih dalam lagi.   thanks to the novel, LHC and other things that impressed me several years ago..because now, i really love this area of knowledge..


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons