Friday, 15 July 2011

Nulis yuk..

Verba volant, scripta manent...

Kalimat yang begitu berkesan yang saya tangkap ketika menengok halaman blog salah seorang kawan. "Verba volant, scripta manent" means "spoken words fly away, written words remain". Yang terucap akan hilang-yang tertulis akan abadi..

Yap..apapun bentuknya; torehan prasasti. naskah, buku, paper ilmiah, hingga blog dalam dunia maya, tulisan akan selalu meninggalkan kesan dan pesannya yang tak akan mudah termakan oleh waktu, tak perduli positif atau negatif isinya..tak tergantung cerita yang dituturkannya.

Tulisan tidak hanya suatu deretan huruf dan angka yang diguratkan tanpa arti, tulisan adalah representasi nyata dari proses rumit pikiran manusia yang tentunya tidak dibuat begitu saja. Tulisan adalah sebuah akhiran dari proses pembelajaran ; membaca-memahami-menulis. Tulisan memiliki daya kekuatannya sendiri, dapat mencerahkan, dapat menyesatkan, dapat meluluskan juga dapat menggagalkan, dapat menobatkan sekaligus dapat menggulingkan. Yah..intinya dengan menulis secara baik kita dapat berekspresi, bertukar pikiran, mengemukakan pendapat, menyelesaikan masalah dan menyebarkan manfaat kesekitar kita...

Seperti pesan Nyai Ontosoroh pada Minke di salah satu percakapannya dalam buku "Anak Semua Bangsa" karya Pramoedya Ananta Toer..
"Tahu kau mengapa aku sayangi ka lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudianhari."

Lets Write!

a bunch of thanks to my friend, Sigit Erdianto Sunarno, for the words "Verba volant, scripta manent" that u've shared in ur blog. Nice!

1 comments:

sigit erdianto said...

Semangat terus menulis, Nan! Actually, I've also been inspiring from your writing.

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons