Saturday, 4 December 2010

Singapore (part2) : Here is Singapore!

Pertama menginjakkan kaki di negeri ini, perasaan berbeda begitu terasa. keadaan lalu lintas yang tertib dan jalanan yang bersih dan tertata rapi begitu luar biasa. pantas banyak orang bilang..klo pertama ke luar negeri, g usah jauh2, k singapur aja, biar deket tapi suasananya bener-bener luar negeri banget. dan memang benar, suasananya berbeda (sangat), dari lalu lintas, fasilitas, dan juga gedung-gedung dan kebersihannya.

begitu sampai, pasti hal utama yang dicari adalah penginapan (bahkan harus disiapkan jauh-jauh hari), tiga kali  berpelancong ke negeri ini, ketiganya juga saya menginap di penginapan yang sama di daerah Mount Elizabeth hospital, tepatnya jalan Elok hanya sekitar 200 meter dr Lucky Plaza Orchard Road (dekat juga dengan stasiun MRT Orchard), harga permalam sewa kamarnya yaitu 60-65 SGD semalam untuk berdua dan ada juga yang 75 SGD sekamar semalam untuk bertiga (kamar mandi luar), fasilitas masak-masak juga ada. penginapannya berbentuk seperti rumah (memang rumah sih). didaerah jalan Elok juga banyak rumah penginapan dengan harga serupa dan biasa dijaga oleh tenaga kerja indonesia (so komunikasinya lebih gampang). tapi klo ingin yang berupa hotel beneran, banyak juga sih..tp harganya mahal, or hostel (hotel backpacker) itu banyak juga yang murah (mau kamar dorm atau yg sendiri) biasanya didaerah little india, geylang ataupun lainnya,cek aja di internet.

setelah dapet penginapan. kita lanjut ke acara utama di negeri ini..apalagi klo bukan jalan2!, ini beberapa tempat menarik di Singapur, yang saya tuliskan berdasarkan tempat aja ya..(tidak seperti tulisan yg bali, yg ditulis sesuai perjalanan per hari, ini saya tulis ringkasan dari ketiga kunjungan saya):

> Orchard Road!
Surganya belanja orang-orang..jalan panjang yang berisikan deretan Mall yang besar-besar dan tinggi-tinggi. menawarkan berbagai macam barang, dari yang murah sampe mahal..dilengkapi dengan fasilitas pedestrian yang lebar plus tempat2 istirahat disela2 blanja (kursi taman) yang biasanya ramai disore hari dengan berbagai atraksi jalanan. jangan lupa juga coba roti eskrim yang dijual dipinggiran jalan. katanya ini jajanan khas di singapura..harganya 1 SGD aja. tapi sebenarnya, mall-mall di orchard g jauh beda sih suasananya ama yg di tanah air..ya it seems an ordinary mall, dimana2 settingannya sama. n harganya juga biasanya g bgitu terjangkau ama kantong mahasiswa..hehe (kecuali makanan kali ya).

in front of Lucky Plaza, Orchard Road
(photo by Kutsiah)
di daerah orchard juga ada kios yang jualan makanan indonesia, letaknya di basement lucky plaza, ada nasi padang, ada juga warung indonesia express yang jual makanan indo yg enaknya seenak aslinya di tanah air dengan porsi daging ayam yg gede bgt. harga makanan2 di situ standar sekitar 5 SGD seporsinya (g include minuman).

----> keterangan n ongkos di orchard road : ga bayar, jalan2 pake kaki aja..kecuali mau blanja. dijangkau dengan MRT Orchard (letaknya dibawah Tangs Plaza, ION Orchard dan Wisma Atria).

Wisma Atria @ Orchard

> National Museum of Singapore
Berpikir museum adalah tempat yang membosankan? eitttsss..jangan salah, museum satu ini sangat menarik untuk dikunjungi. museum yang gedee banget dengan ornamen bangunan yang klasik n unik dan kira-kira alokasi untuk menikmati setiap galerinya kurang lebih 5 jam penuh. berisi koleksi-koleksi sejarah hingga kehidupan modern di singapur, fasilitas guide di dalam museum ini sangat canggih. kita dibekali semacam alat multi media (companion) yang bagus banget yang menjelaskan berbagai koleksi museum di galeri utamanya dari awal ampe akhir. selain itu barang pajangannya g cuma benda-benda peninggalan zaman dulu, tp ada juga contoh makanan-makanan (plus aromanya yg bisa kita cium), film-film singapura dari zaman ke zaman, foto-foto, sampai plang-plang jalan dari masa ka masa.

National Museum of Singapore
(from Kutsiah Photos Collection)
NMS with Guide Companion
(photo by Kutsiah)
Mencium aroma bahan makanan di Museum

this is one of the most recomended place if u visit Singapore!, u can learn everything about this country, the histories, the people and their life.

----> keterangan n ongkos ke NMS; tiket masuk SGD 10 u/ dewasa (klo students--bwa KTM--bisa dapet setengahnya), stasiun MRT terdekat Dhobby Ghaut. nearest tourist attraction; Istana Park.

> Merlion Park

Merlion Park
(Photo by Kutsiah)
Gak ke Singapura kalo kamu gak mengunjungi tempat ini! sang patung singa-ikan yang termahsyur! lambang negeri ini dan gambarnya selalu ada dimanapun yang berhubungan dengan negeri ini. Merlion Park terletak dipinggir laut, daerah hasil reklamasi yang tertata apik. terdapat dua patung merlion, yang besar, menghadap laut dan yang kecil menghadap arah sebaliknya (ke arah Fullerton Hotel). patung ini dibuat sebagai lambang Singapura, diambil dari kisah ketika Sang Nila Utama, seorang raja dari daerah palembang yang konon berburu di pulau ini (dulu dikenal dengan sebuatan pulau Temasek), syahdan ketika ia berburu disana, ia menemukan seekor binatang aneh yang berwujud setengah singa dan setengah ikan. akibat itulah pulau ini kemudian dinamai Singa-Pura atau kota singa.

Patung "anaknya" merlion, dengan ukuran yang lebih kecil di Merlion Park
Pemandangan sekitar Merlion Park

disekitar merlion park ini juga terdapat beberapa tempat bagus untuk spot jalan2 n foto2..sepanjang singapore river yang dikanan kirinya terdapat gedung-gedung tinggi yang berdampingan dengan gedung-gedung klasik peninggalan zaman dahulu kala, juga dihiasi patung-patung tembaga yang mengisahkan kehidupan orang lokal zaman dahulu, selain daerah singapore river kita  juga bisa jalan-jalan ke daerah kota tua-nya singapura, juga daerah Esplanade Theater dengan menyebrangi sungai melalui jembatan-jembatan yang terbentang megah diatasnya.

----> keterangan dan ongkos Merlion Park : g ada tiket masuk. dijangkau dengan berjalan kaki dari MRT City Hall, Esplanade ataupun Raffles Place. tempat terkenal sekitarnya: Esplanade, Suntec Conv.Center n Mall, Padang, Monumen Perang Dunia, City Hall-Supreme Court (kota tuanya Singapura), Singapore River, Raffles Place, Clarke Quay.

>Esplanade

Esplanade Theater
(Photos collection of Kutsiah)
The King of Fruit! Durian! dari situlah inspirasi bentuk teater unik ini. terletak bersebelahan dengan merlion park (hanya terpisah oleh singapore river), teater yang terbilang baru dibangun ini telah menjadi ikon baru dari singapura, dengan tampilan dan bentuknya yang indah terutama ketika malam hari, pencahayaan yang apik membuat gedung ini terkesan sangat hangat dan berseni. seperti namanya, Esplanade the Theater of the Bay, dibuat sebagai sebuah tempat dimana pertunjukan-pertunjukan seni digelar, tak jarang pertunjukan kelas internasional diadakan digedung ini (tapi jangan heran, ada juga lho pertunjukkan umumnya --alias yg gratisan--). mau berkunjung? masuk ke gedung ini gak harus nonton kok, sekadar sightseeing juga boleh sih, ato menjadikan perlintasan dari stasiun MRT ke Merlion Park juga bisa melalui basement gedung ini.

---> menuju Esplanade- MRT Esplanade atau City Hall. klo sightseeing aja gak perlu bayar. yang deket dengan tempat ini : daerah yang sama dengan yg disebutkan di bagian Merlion park diatas.

> Daerah Kota Tua-nya Singapore dan Singapore River
Sebagai negara persemakmuran Inggris, Singapura pernah berada dibawah kekuasaan inggris dalam kurun beberapa dekade hingga menjadi bagian negara Federasi Malaysia lalu akhirnya memerdekakan diri menjadi negara republik sendiri pada tanggal 9 Agustus 1965. dan seperti layaknya kota-kota peninggalan zaman kolonial, di Singapura juga banyak terdapat gedung-gedung berarsitektur gaya Eropa yang megah dan masih terawat hingga sekarang. pergilah ke daerah City Hall, jika kita ingin merasakan jejak-jejak masa kolonial di negeri ini.

City Hall
Old Supreme Court

Daerah City Hall dipenuhi berbagai gedung-gedung klasik yang berdiri kokoh mengelilingi sebuah lapangan rumput yang terkenal dengan sebutan Padang, di Padang inilah setiap tahunnya diaadakan perayaan National Day tanggal 9 Agustus. daerah ini sangat cocok dijadikan tempat untuk mengambil foto dan dapat diakses dengan gratis. selain daerah pusat pemerintahannya yang berada sekitar lapangan Padang, spot-spot peninggalan zaman kolonial yang tak kalah menarik ada disekitaran Singapore River.

Singapore River
(photo by Kutsiah)
Singapore River adalah sungai utama negeri ini, tempat para penduduk asli singapura mulai membangun kotanya dari daerah ini sebagai akses masuk kapal-kapal dagang ke Singapura zaman itu, di daerah ini pula Sir Thomas Stanford Raffles menginjakkan kaki untuk pertamakalinya di Singapura yang pada saat ini ditandai dengan dibangunnya patung Raffles untuk memeringati peristiwa pendaratannya. berjalan ditepian Singapore River sangat menyenangkan, perpaduan antara gedung-gedung tinggi di bagian barat sungai dan bangunan-bangunan klasik di tepian timurnya yang diselingin taman-taman dan cafe-cafe sepanjang sungai hingga ke daerah Clarke Quay yang merupakan daerah perbelanjaan dan tempat hang out bagi penduduk lokal.
Raffles Landing Site
(Photo by Kutsiah)
--> Menuju City Hall : MRT City Hall, menyebrang ke arah Padang; Akses Gratis
--> Singapore River : MRT Raffles Place atau MRT Clarke Quay; bisa juga berjalan kaki dari daerah Merlion Park,Esplanade, City Hall dan Padang.Akses Gratis.Kegiatan yang bisa dilakukan : Foto-Foto disekitaran sungai,  Singapore Boat River, harga kira-kira 15 SGD/adult, tour keliling singapore river naik perahu plus guidenya.

To Be Continued..

1 comments:

jca_box said...

tu peux donner le numero du contact a Sing pour l'accomodation stp? merci d'avance

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons