Wednesday 1 December 2010

Singapore (Part 1) : Best Transport to Enjoy the Lion City

Had been there for Three time in the last two years for a different propose is very great experience. the first one, i went there along by my friends while we were on the field trip or an excursion in Batam Island (which is located very close to singapore), the second just spent holiday with friend and continued journey to Malaysia, and the last when i spent a holiday with family and attended the International Congress of Biomechanics. three different time, three different tourist attraction that we have been visited, and three great experience through the best transportation system on that country!

Singapura!sebuah negara kota yang tertata apik, rapi dengan atmosfer yang menyenangkan. dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Indonesia. hanya memakan waktu sekitar satu hingga dua jam saja penerbangan dari jakarta atau bandung. selain jarak yang tidak terlalu jauh, akses mencapai ke singapura juga tidaklah sulit. karena singapura masih dalam regional asia tenggara yang secara diplomatik tergabung dalam organisasi ASEAN maka kita gak perlu apply visa sebelum melakukan kunjungan sosial kesana untuk maksimum 30 hari lawatan.

selain tidak perlu visa, fiskal luar negeri juga sudah tidak lagi dikenakan oleh dirjen pajak bagi para pemegang NPWP beserta keluarganya. susah gak ngurusnya? gak tuh. bikin NPWP katanya hanya 15 menit di kantor pajak terdekat rumah kita lalu ketika pengurusan bebas fiskal dibandara juga tidak ada hal sulit, cukup berikan boarding pass kita beserta kartu NPWP fotokopinya (asli klo diminta), paspor (fotokopinya) dan fotokopi kartu keluarga untuk keluarga yang turut serta (atau jika anak bepergian sendiri tanpa didampingi orang tua yang punya NPWP). setelah semua lengkap, langsung saja kita bisa dapat stiker bebas fiskal..lumayan hemat 2 juta untuk penerbangan udara dan 1 juta untuk pelayaran laut.


Pelayaran Batam-Singapura dgn BatamFast

urusan imigrasi beres, paspor udah dicap..nah saatnya jalan-jalan.. terdapat beberapa pintu masuk ke singapura, via laut juga via udara, via laut biasanya diakses lewat harborfront di selatan pulau. akses via laut ini biasa digunakan oleh orang-orang indonesia yang berangkat menuju singapura dari kepulauan riau seperti batam dan sekitranya. sedangkan via udara melalui Changi Airport, bandar udara yang super besar n mewah ini menjadi salah satu jalan masuk favorit ke Singapura. menjadi hub dan melayani penerbangan dari berbagai negara.

 @Changi Airport

salah satu faktor utama kenapa negeri ini begitu menyenangkan untuk dikunjungi adalah transportasi didalamnya begitu canggih dan tertata apik yang membuat kita mudah untuk mengakses hampir setiap jengkal dari negeri ini. mulai mendarat di pelabuhan atau dibandara kita sudah dihadapkan pada berbagai pilihan transportasi, mulai dari bus, taksi hingga MRT yang sudah siap menyambut kedatangan kita dan mengantar kita ke semua daerah yang kita ingin datangi dinegeri ini.

di MRT, perjalanan dari changi ke kota

MRT tentunya merupakan transportasi favorit di singapura. kereta yang selalu melayani transportasi penduduk lokal dan juga para turis setiap hari dari sekitar pukul 5 pagi hingga 12 malam ini memberikan kemudahan bagi kita yang hendak bepergian. terdiri dari 4 rute dengan warna berbeda yang mengidentifikasi rute masing-masing. hijau (rute East-West), merah (rute North-West), ungu (rute Nort-South) dan kuning (rute circle line) menghubungkan titik-titik strategis di negara kota ini.

peta jaringan MRT

pembayaran moda lokal (MRT,bis,taksi) dapat dilakukan dengan satu smartcard yang dapat diisi ulang bernama EZ Link/CEPAS card. kartu ini wajib banget dimiliki karena salah satu akses masuk k stasiun MRT. ada berbagai macam tipe jenis kartu transport ini. EZ Link berupa kartu isi ulang yang sistemnya seperti kita mendepositkan sejumlah uang didalamnya dan akan otomatis berkurang jika kita pakai (transaksi ongkos MRT dsb dilakukan dengan mudahnya - hanya men-tap- kartu pada gerbang stasiun dan jika telah terbayar maka pintu gerbang akan terbuka-. sedangkan CEPAS card adalah kartu sekali jalan khusus MRT. FYI kartu EzLink dapat juga digunakan untuk pembayaran makanan (sperti McD dll) dan blanja di minimarket.

bayangan mudahnya seperti ini, jika kita mau tinggal di singapura agak lama (sekitar 3 hari atau lebih) belilah kartu EZ Link dengan hargal 25 SGD ( 5 SGD ongkos bli kartu dan 20 SGD akan jadi modal awal ongkos jalan kita), jangan lupa mengecek sisa kartu EZ Link setelah beberapa hari, gimana caranya? sisa deposit kartu kita akan otomatis tertera ketika kita menempelkan kartu pada sensor saat masuk atau keluar stasiun. jika ternyata sisa kartu kita sudah tinggal 2 SGD-an dan waktu kunjungan kita masih panjang segera perpanjang dengan kembali merechargenya di mesin-mesin yang tersedia sebelum pintu masuk stasiun. tapi jika sisa 2 SGD sedangkan kita akan pulang sore hari itu, lebih baik beli saja CEPAS card untuk 1 perjalanan saja di mesin penjualan tiket, dan kita akan dikenakan biaya sesuai dengan ongkos ke tempat tujuan kita plus 1 SGD yang akan dikembalikan lagi (ke mesin) saat kita merefund kartu CEPAS di stasiun tujuan. hal ini dilakukan demi penghematan, karena recharge kartu EzLink minimal kelipatan 10 SGD. sayang kan kalau cuma dipakai satu kali stasiun saja (yang ongkosnya + 1 SGD-an) dan sisanya dibiarkan begitu saja dalam kartu tersebut, kecuali kalau kita berniat balik lagi dalam beberapa waktu kedepan. oh ya,,sesampai di Indo kartu Ez Link nya jangan dibuang, karena syapa tau kita  mau balik lagi k singapura atau bisa dipinjem ke kawan..lumayan hemat 5 SGD daripada harus beli kartu baru.

beli tiket di mesin tiket otomatis

General Ticketing Machine (GTM)

Saran berkendaraan umum di SG;
- perhatikan jalur MRT yang tepat ke tujuan kita, terutama dimana harus pindah kereta (interchange) dan arah tujuannya. semua petunjuk yang diberikan oleh penyedia fasilitas sudah sangat jelas..malu kalo masih kesasar.
- perhatikan aturan setempat. singapura terkenal banyak peraturan dan dendanya. makan dan minum (apalagi merokok n buangsampah sembarangan) di dalam kendaraan umum ataupun stasiun dilarang keras!
-siapkan fisik, karena jalan-jalan disingapur bisa diartikan bener2 jalan..stasiun MRTpun ukurannya bombastis, bak Mall di bawah tanah..seharian menjelajah pasti pegel2.
-jangan nyebrang jalan seenaknya. menyebrang di tempat-tempat yang ada zebracrossnya saja. jika tak ada, cari underpass (trowongan bawah jalan) yang pasti tersedia untuk fasilitas menyebrang di daerah tersebut.
-kalau naik bus, perhatikan benar kita akan turun di halte keberapa dan pencet bel setelah kita melewati satu halte sebelum halte tujuan kita, karena kalo kita gak pencet bel sebelum halte tujuan si sopir gak akan berenti gitu aja (kecuali ada penumpang yang mau naik).
-berencana meneruskan perjalanan ke Malaysia atau Thailand by train? fasilitas KTM (kereta tanah melayu) yang melayani tujuan tersebut, favoritnya adalah kereta malam yang ada kelas khusus dengan tempat tidurnya, harga sesuai jarak perjalanan (cek aja diwebsitenya; cari 'kereta tanah melayu' via google). berangkat dari stasiun Tanjong Pagar.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons