Saturday 13 November 2010

BALI (part 8 - end): "A Very Last Day in Bali"

It's always, we were started everything in the first and then, the last will come..definitely..it's just happen too on this vacation. first, a week seems to be a long time to spend a holiday on just only one destination, but i realize that's true, when i was read someone's blog before go to Bali and the writer wrote.."it's never enough to enjoy Bali, even in three months". and this is it! our last, a very last day in Bali. Our flight has been scheduled and our real life is already waiting for us, there, in Bandung. but it doesn't matter, actually, we still here, in Bali and we won't to let our last day went into nothing or just waiting for our flight schedule.
---
Ici, Le jour de Musee! Museum Days!, tak pernah lengkap rasanya kalau berkunjung ke sebuah daerah tanpa mengenal baik tentang masyarakat, kebiasaan dan adat setempat. Bali adalah tempat yang sangat sayang untuk di lewatkan sekadar untuk liat2 pemandaungan or blanja. banyak hal yang menarik untuk di ketahui dari Bali dan Masyarakatnya. contoh mudahnya adalah, tentang sesajen yang selalu mudah kita temui diletakkan diberbagai macam tempat, pastilah mengundang pertanyaan, terdiri apa sajakah?, kapan waktu dipersembahkannya? dan banyak hal lainnya. so..in order to know further about the Balinese and their cultures...we decided to go to Museum!

Museum Bali

Di dalam Museum Bali

Museum Bali, terletak di Denpasar, disamping lapangan Puputan (tempat dimana dulu berlangsung perang puputan yang legendaris itu) sebuah museum besar yang terdiri dari beberapa bangunan khas bali. menyimpan banyak koleksi benda-benda seni dan diorama cerita kehidupan masyarakat Bali. just IDR 2000 for admission and IDR 1000addition if u bring camera. guide siap menemani kita berkeliling museum dan menjelaskan semua hal yang ingin kita tanyakan tentang banyak hal yang menyangkut Bali dan masyarakatnya (fee-nya 50ribu / rombongan). sekitar sejam sampai dua jam kami habiskan waktu di museum ini dan berpuas hati karena sudah bertambah pengetahuan dan hilang rasa penasaran untuk berbagai hal menyangkut Bali.

sayangnya, museum ini masih terasa standar seperti museum-museum di tanah air lainnya. tergolong masih kurang attraktif dan kurang menciptakan gereget bagi pengunjungnya. harapan agar museum-museum di indonesia ini dapat dikemas secara lebih apik lagi seperti layaknya museum di luar negeri yang biar hanya menyimpan sedikit koleksi namun mereka bisa mengemasnya secara baik dan begitu menarik bagi pengunjungnya, dilengkapi perangkat audio visual sehingga sejarah dan koleksi dari museumpun terasa lebih hidup dan menarik.
Depan Monumen @ Lapangan Puputan


setelah ke museum, kami lanjut untuk makan.. warung ayam banyumasan (lagi) yang kami pilih untuk menutup rangkaian acara petualangan kuliner di Bali ini. shalat jama' dzuhur dan ashar di masjid agung-nya bali, di jalan sudirman (di sebuah kompleks militer) masjid besar, bersih dan terawat dengan suasana khas masjid2 di pulau jawa--karena ada tukang jajanan (es cendol, bakso dan lainnya) di halaman masjid. dasar lapar mata, biar udah makan, tetep saja kami penasaran untuk mencoba es cendol barang segelas dan bakso barang semangkuk hahaha.

kami bergegas menuju bandara, khawatir lalu lintas sore hari menghambat kami. sebelum sampai di bandara, menyempatkan diri mengambil foto patung ksatria gatotkaca yang terletak di segitiga pertigaan Ngurah Rai - Jalan Raya Pantai Kuta yang berkisahkan pertarungan antara gatotkaca dengan karna diatas sebuah kereta kuda (cerita versi mas Hamie).

Statue of Ksatria Gatotkaca

akhirnya, kami kembali ke bandara, setelah mencoba mengelilingi bundaran ngurah rai sebanyak dua kali putaran (kurang kerjaan). mobil dikembalikan pada pak Ketut dengan lancar tanpa hambatan apapun. Check in dan boarding...That's All..
--
Alhamdulillah, our journey has succeed, our plan and mission accomplished..from mountains to beaches moreover till the bottom of the sea, spend so many times for laughing, joking, playing and (of course) bullying each other. swim, dive, shop, eat, pray, pose, and a lot of others activities..a very nice and unforgetable vacation after the graduation time..


and now, we realize that, our friendship which has so many dreams to be accomplished in a future days..more achievements to be achieved and more places to be traveled. Insyaallah.. 



See You Again Fellas! on somewhere place that we already planed to be our meeting point..
next in 2015! 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons